Tugas 2 – Kelompok 5


Analisis Marketing Plan Produk Susu Dancow

 

Marketing

 

Disusun Oleh:

Anindithia Dwi Putri(1401140015)

Putra Akbar Pangestu(1401144367)

MBTI-D

 

 

 

 

 

 

BANDUNG

2015

 

Nestlé adalah sebuah perusahaan multinasional di Vevey, Swiss yang bergerak dalam bidang makanan. Didirikan pada tahun 1867 oleh Henri Nestlé. Perusahaan ini menghasilkan makanan dan minuman seperti makanan bayi, susu, kopi, cokelat, dan lain-lain. Perusahaan ini masuk dalam bursa saham SWX Swiss Exchange. Pada tahun 1842. Henry Nestle membeli salah satu industri yang paling progresif dan lincah pada region itu pada masa tersebut.. ia juga terlibat dalam memproduksi minyak kacang (digunakan sebagai bahan baker lampu minyak), minuman keras, rum, dan cuka. Ia juga mulai mempruduksi dan menjual air mineral bergas dan lemonande, meskipun pada tahun-tahun krisis dari 1845 dan 1847 Nestle menghentikan produksi air mineralnya.

Nestle mulai tumbuh dan berkembang menjadi sebuah perusahaan makanan terbesar di dunia, serta perusahaan makanan dan minuman yang telah di percaya oleh banyak orang di seluruh dunia secara turun temurun hingga sekarang. Perusahaan Nestle tersebar di seluruh mancanegara, Nestlé berkomitmen untuk tetap mengembangkan produk-produk melalui inovasi dan renovasi demi memuaskan kebutuhan konsumennya di seluruh dunia.

Latar Belakang Terbentuknya Perusahaan Nestle

  • Banyaknya bayi yang meninggal dunia sebelum usia mereka mencapai umur 1 tahun, hal ini dikarenakan para ibu tidak dapat menyusui bayinya sendiri.
  • Henry Nestle membantu menyelamatkan bayi prematur yang ia beri makan berupa paduan dari roti, susu, dan gula. Yang pada akhirnya kondisi bayi tersebut berangsur baik dari hari ke hari.
  • Tujuan Perusahaan Nestle :
  • Memberikan produk-produk yang sehat bagi masyarakat luas di seluruh dunia sehingga orang-orang di seluruh dunia dapat terjamin kesehatannya dengan hadirnya produk-produk dari nestle.
  • Menguasai pasar dunia secara sehat

 

 

Marketing Mix 4P(Product,Price,Place,Promotion)

  • Product

 

DANCOW 1+

DANCOW 1+ kini dengan formula baru Lactobacillus PROTECTUS, dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang, sesuai untuk tahap pertumbuhan si Kecil yang berumur 1-3 tahun. DANCOW 1+ mengandung beberapa benefit:

  1. PERLINDUNGAN
  2. Lactobacillus PROTECTUS, probiotik yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Probiotik dalam  Lactobacillus PROTECTUS adalah gabungan dari strain Lactobacillus paracasei and Bifidobacterium longum. Gabungan ini didesain untuk mengkombinasi manfaat yang saling melengkapi dari kedua jenis probiotik keluarga bifidobacteria dan lactobacilli, yaitu membantu menjaga daya tahan tubuh, dan juga membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
  3. PREBIO1, yaitu merupakan prebiotik serat larut yang formulanya dipatenkan oleh Nestlé, yang merupakan makanan untuk bakteri baik di saluran perncernaan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Kombinasi L PROTECTUS (Probiotik) dan PREBIO1 (Prebiotik) dapat bekerjasama membantu memberikan perlindungan yang lebih baik bagi si Kecil.
  4. Vitamin C dan E, yang berguna sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

 

 

 

 

  1. PENTING UNTUK OTAK
  2. DHA, yaitu asam lemak yang membantu perkembangan otak anak hingga umur 2 tahun. Sampai usia 2 tahun tersebut merupakan ke masa periode perkembangan otak anak yang sangat pesat, dimana pada saat itulah kebutuhan DHA benar-benar sangat penting untuk membantu perkembangan otak.
  3. LA (Linoleic Acid/Omega 6) dan ALA (Alpha-Linolenic Acid/Omega 3) yang merupakan asam lemak essensial prekursor AA dan DHA. Asam lemak essensial adalah asam lemak penting yang tidak dapat dibuat tubuh dan hanya didapat dari makanan. Oleh tubuh asam lemak essensial ini akan diproses dan diubah menjadi AA dan DHA.

 

  1. PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN
  2. Mengandung 26 Vitamin dan Mineral (dilengkapi juga dengan Taurin) untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan si Kecil
  3. Mengandung Lactobacillus PROTECTUS, Prebiotik, dan DHA

 

Produk yang ditujukan untuk anak usia 1-3 tahun ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Memberikan perlindungan menyeluruh

Lactobacillus PROTECTUS yang terkandung di dalam susu ini bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Sementara PREBIO1, membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kombinasi keduanya dapat bekerja sama membantu memberikan perlindungan yang lebih optimal. Susu ini juga dilengkapi dengan Vitamin C dan E sebagai antioksidan.

 

  1. Penting untuk otak

Mengandung DHA serta Asam Lemak Esensial LA (Omega 6) dan ALA (Omega 3) – prekursor AA dan DHA yang penting untuk otak.

 

  1. Membantu pertumbuhan

Mengandung 26 vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

 

  • Price

 

    1. Harga yang ditawarkan untuk produk dancow 1+ adalah Rp 58.700
  • Place  

 

    1. Tempat produk dancow 1+ ditawarkan adalah Toko , Swalayan, Warung, dan Mini Market.
  • Promotion

 

  1. Promosi yang dilakukan untuk penjualan produk dancow 1+ adalah melalui media iklan televisi, majalah, koran, website, serta event seperti memberikan sampleing produk dancow dan memberikan edukasi tentang parenting kepada para konsumennya melalui media sosial Facebook.

 

 

       Analisis STP (Segmenting,Targeting,Positioning)

 

  1. Segmentasi pasar pada susu Dancow adalah :
  1. Segmentasi Geografis : Di Indonesia, Produk Dancow menyebar merata hampir di seluruh wilayah.
  2. Segmentasi Demografis :

Usia :

Dancow 1+ untuk anak usia 1 tahun ke atas

 

Kelas Sosial :

Ditujukkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah hingga menengah ke atas.

 

Segmentasi Psikografis :

Dancow ditujukan untuk gaya hidup sehat bagi konsumen. Dengan asupan Nutrisi dan Gizi tinggi.

 

  Segmentasi Perilaku :

Dancow diposisikan sebagai susu yang kaya akan manfaat bagi seluruh konsumen secara khusus bagi anak-anak dalam usia pertumbuhan. Gizi dan Nutrisi tinggi yang terkandung di dalamnya sangat berguna bagi perkembangan otak dan fisik anak.

 

  1. Targeting pada susu Dancow :

Seluruh  masyarakat yang membutuhkan asupan Gizi dan Nutrisi bagi anggota keluarganya terutama buah hatinya. Sasaran pendistribusiannya banyak dilakukan di pasar tradisonal. Strategi targeting pada susu Dancow adalah memberikan produk ke pasar sesuai consumer insight, melakukan roadshow ke posyandu dan kegiatan sampling agar calon kosumen dapat mencoba produk yang ditawarkan.

 


 

 

  1. Positioning pada susu Dancow :
  1. “Aku dan Kau Suka Dancow“ adalah slogan yang lekat dalam benak konsumen sekaligus cara jitu Dancow memposisikan diri sebagai sahabat setia bagi keluarga-keluarga Indonesia dengan harga yang merakyat.
  2. Dancow adalah susu bubuk berkualitas dan bergizi yang mengandung growth plus formula serta diperkaya dengan Vitamin.
  3. Susu dancow adalah susu kesehatan bagi keluarga secara khusus untuk anak-anak.
  4. Susu Dancow memposisikan diri sebagai market leader.
  5. Susu dancow mampu memahami kebutuhan konsumen dan selalu berinovasi.Sebagai contoh dalam varian rasa (DANCOW 1+ Prebio, DANCOW 1+ Madu, DANCOW 1+ Coklat,dan DANCOW 1+ DANCOW 1+ Vanilla).

 

 

ANALISIS SWOT

 

  • STRENGTH

 

  • Produk susu formula memiliki kandungan NUTRISI tinggi, R&D untuk pengembangan produk berkualitas dengan mengadaptasikan kebutuhan lokal dan Nestle telah dikenal di seluruh dunia akan kualitas produknya, terutama di Swiss.
  • Sebagai pelopor produsen susu formula di dunia.
  • Sebagai produsen susu formula terbesar di dunia.
  • perusahaan yang selalu ingin berupaya mengembangkan diri dan salah satu upayanya dengan strategi pemasaran melalui promosi kampanye besar-besaran.
  •  
  • WEAKNESS

 

  • Image yang kurang baik karena aksi boikot dan protes dari beberapa Negara dan kurangnya social responsibility dalam pemasaran produk susu formula.
  • Penyusutan pasar merupakan pukulan berat untuk produsen susu formula salah satunya nestle (Dancow).
  • Strategi promosi melalui kampanye yang ditempuh oleh nestle mengabaikan etika promosi, dan ini bertentangan dengan penelitian kesehatan tentang keunggulan asi dibanding susu formula.
  • Image yang kurang baik karena aksi boikot dan protes dari beberapa Negara dan kurangnya sosial responsibility dalam pemasaran produk susu formula.
  •  
  • OPPORTUNITIES

 

  • Pertumbuhan angka kelahiran yang terus meningkat di dunia, khususnya di negara berkembang dan kebutuhan nutrisi yang bergizi tinggi bagi balita mengingat penurunan kuantitas dan kualitas pemberian ASI kepada balita akibat kondisi ibu yang kurang gizi, kesibukan ibu bekerja setelah melahirkan, penyakit HIV, DLL.
  • Nestle dapat memanfaatkan nama besar sebagai perusahaan pelopor pembuat susu formula dan merupakan perusahaan terbesar di dunia. Kepercayaan masyarakat terhadap keunggulan atau mutu produknya harus senantiasa dipertahankan sehingga animo masyarakat mengenai produk nestle adalah “sebagai susu unggulan yang kedua untuk bayi setelah asi (sebagai yang terbaik)”.
  •  
  • THREATSMengenai strategi pemasaran 4P, khususnya produk, pada negara berkembang, kebutuhan utama adalah pada produk dengan harga murah dan makanan berprotein tinggi. Hal ini dilihat sebagai peluang bagi Nestle dengan melaksanakan forward invention, yaitu mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat. Pemasaran produk harus didukung dengan promosi yang tepat sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

 

  1. Banyaknya kompetitor produk sejenis, seperti Morinaga, Nutricia, Wyeth, DLL dan aksi boikot dan protes di masa yang akan dating. Berdasarkan data, terlihat bahwa dari tahun ke tahun, produk susu selalu mendominasi penjualan Nestle. Hal inilah yang menyebabkan Nestle mempertahankan produk susu. Selain itu, hingga kini susu formula Nestle yang bernama Lactogen juga masih dipertahankan, padahal pada saat musibah terjadi, Lactogen-lah yang menjadi pemicu terjadinya pemboikotan. Nestle mempertahankan produk Lactogen, karena Nestle merasa bahwa Lactogen memiliki kualitas terbaik dan dapat dipakai sebagai pengganti ASI dalam kasus-kasus tertentu (Ibu tidak memiliki pasokan ASI yang cukup, Ibu mengidap virus HIV, Ibu bekerja sehingga tidak punya cukup waktu untuk menyusui dan lain sebagainya). Selain itu bila Nestle mengganti nama, secara tidak langsung Nestle mengaku salah, padahal musibah terjadi hanya karena masalah misscommunication.

 

 

  • BRAND EQUITY

 

adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Ekuitas merek berbasis-pelanggan (customer-based brand equity) adalah pengaruh diferensial yang dimiliki pengetahuan merek atas respons konsumen terhadap pemasaran merek tersebut.

Komitmen Nestle mengembangkan industri susu di Tanah Air memang tidak main-main. Seperti terlihat dari upaya pengembangan Dancow, Nestle menggiatkan seluruh aspek pemasaran secara terpadu, mulai dari iklan, promosi, distribusi, sampling, gimmick berupa buku cerita, mainan anak-anak, hingga layanan customer service yang siap membantu keluhan konsumen. Itu sebabnya, selama lima kali survei kepuasan pelanggan dilakukan, Dancow selalu  terdepan.

Dengan munculnya pesaing-pesaing baru, Dancow masih teratas karena berhasil menancapkan mereknya kuat-kuat di benak masyarakat. Setidaknya di mata  para orang tua, pengambil keputusan dalam pembelian,

Dalam konteks seperti ini kekuatan komunikasi pemasaran amat menentukan, ketimbang produk itu sendiri. Apalagi, Dancow berhasil menawarkan atribut yang dapat menaikkan citra mereknya, yakni mengasosiasikan diri dengan pendidikan, kecerdasan atau ilmu pengetahuan. Ditunjang oleh kegiatan marketing PR, di antaranya  mengisi program tentang pengetahuan di teve atau membagi hadiah VCD ilmu pengetahuan, membuat Dancow  berbeda dari merek susu lain.

Dancow yakin bahwa kepuasan pelanggan tercipta ketika harapan pelanggan terpenuhi sehingga Dancow terus mengembangkan produknya dari segi gizi dan manfaat yang terkandung dalam produknya.

Kepuasan terhadap Dancow juga terbentuk dari layanan yang menyertai produk, seperti ketersediaan produk dan stabilitas harga. Citra yang terbentuk dari komunikasi pemasaran efektif inilah yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain itu, seperti merek susu lain, Dancow juga menjual kandungannya, seperti: Prebio 1, yang diklaim membantu pencernaan lewat kandungan prebiotik frukto oligo sakarida, atau kandungan DHA, Omega 3/asam linolenat, Omega 6/asam linoeat, taurin dan frukto oligo sakarida, dan sebagainya, sebagai diferensiasi yang membedakan dari para pesaingnya.

 

 

  • PRODUCT STRATEGY

 

Dancow melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat untuk mengkonsumsi susu bermanfaat tinggi agar dapat mengembangkan potensi anak agar dapat tumbuh besar dan cerdas. Karena persaingan produk susu di Indonesia sangat ketat, Dancow melakukan strategi differensiasi produk yang merata sesuai dengan permintaan konsumennya. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan Dancow membuahkan hasil baik, sehingga Dancow dikenal sebagai susu bubuk yang dapat memberikan banyak manfaat bagi para konsumennya. Dalam perkembangannya, untuk bersaing dengan competitor Dancow mulai melakukan kampanye bahwa dengan mengkonsumsi susu akan membuat tubuh menjadi sehat, tumbuh tunggi serta cerdas karena susu dancow  mengandung berbagai macam vitamin dan kandungan baik lainnya . Hal ini menambah keunggulan kompetitif dari Dancow dibandingkan yang lain.

Positioning yang dilakukan oleh Dancow juga didukung oleh marketing mix yang baik. Hal ini ditunjukan dari integrasi yang baik dari komponen-komponen 4P. Contoh adalah bahwa pengembangan produk berasal dari strategi promosi, hubungan antara penentuan harga (price) dengan saluran distribusi (place), dll.

Strategi penjualan yang dilakukan Dancow adalah dengan mengembangkan saluran distribusi secara luas dan terus menerus. Mengutamakan availability dan kualitas produk sehingga berbuah pada kesetiaan pelanggan.

Pengembangan proses yang dilakukan oleh Dancow adalah dengan mengintegrasikan supply chain, seperti memiliki peternakan sapi sendiri. berbeda dengan proses distribusi produk dilakukan dengan bekerja sama dengan banyak agen penjualan untuk memperluas cakupan distribusi dari Dancow.

 

 

.

3.     PRICE STRATEGY

 

Dancow mempunyai strategi harga yang jelas, yaitu terjangkau oleh konsumen namun tidak mengurangi kualitas dari produk yang dipasarkan.

Hal tersebut juga menyebabkan Dancow berhasil menjadi yang terdepan karena penguasaan produk serta harga yang dapat bersaing dengan persaingan di dunia perdagangan susu di Indonesia

 

4.    MARKETING CHANNEL

Dalam pengembangan bisnisnya, Dancow telah mendistribusikan produknya ke seluruh penjuru Nusantara, melalui distributor-distributor yang bekerja sama dengan Dancow, serta pemasok.

Strategi penjualan yang dilakukan Dancow adalah dengan mengembangkan saluran distribusi secara luas dan terus menerus. Mengutamakan ketersediaan produk sehingga berbuah pada kesetiaan pelanggan. Pengembangan proses yang dilakukan oleh Dancow adalah dengan mengintegrasikan loyalitas pelanggan dengan kepuasan produk yang dipasarkan

Dancow sangat menjaga hubungan dengan jaringan distribusinya. Dancow memberikan keuntungan yang lebih kepada para pengecer, sehingga mereka lebih tertarik menjual produk Dancow, seperti ada potongan harga, dan kemudahan dalam mendapatkan produk Dancow sesuai pesanan dari pihak distributor dan konsumen secara umum

Sukses Dancow dalam bidang distribusi bukanlah prestasi yang diraih dalam waktu sedikit. Kerjasama yang dibangun Dancow dan para distributornya memang sudah dibangun sejak awal produk ini diluncurkan ke publik dan membuahkan hasil hingga sekarang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan mudahnya konsumen mendapatkan produk Dancow yang diinginkan serta distribusi produk yang merata di berbagai kota di seluruh Indonesia. Serta tidak pernah terjadi kelangkaan produk Dancow di seluruh nusantara

5.      MARKETING COMMUNICATION

Neste melalui produknya Dancow memiliki visi menjadi market leader yang memproduksi produk berkualitas tinggi. Oleh karenanya, Dancow memegang nilai-nilai perusahaan seperti peduli terhadap kualitas, keamanan, kesehatan, serta nutrisi yang diberikan kepada masyarakat melalui produknya . Komunikasi pemasaran ini utamanya bertujuan untuk mempertahankan posisi market leader dan citra yang positif terhadap kualitas, keamanan, kesehatan, serta manfaat dari produk Dancow . Selain itu, komunikasi pemasaran ini juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan menambahkan nilai-nilai bagi pelanggan sehingga tercapai loyalitas pelanggan. Komunikasi pemasaran ini juga dilakukan untuk memperkuat merk Nestle Dancow dengan biaya yang seminimal mungkin.

  1. Strategi

Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, maka perlu dibangun beberapa strategi komunikasi pemasaran.

  • Menyajikan susu berkualitas tinggi, memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, serta dijual dengan harga terjangkau.
  • Meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan melalui Nestle Consumer Service Center dan Dancow Parenting Centre
  • Meningkatkan kompetitif di pasar persaingan susu di Indonesia
  • Memperkuat citra merek yang berkualitas
  1. Tactics

Sebagai bentuk penerapan strategi dalam mencapai tujuan komunikasi pemasaran, maka perlu dilakukan serangkaian kegiatan bauran pemasaran sebagai berikut.

    1. Inovasi Product Design

Dancow mempunyai berbagai macam kemasan untuk memudahkan konsumen membeli sesuai kehendak dan kemampuannya. Dancow menyediakan produk yang dijual berupa box serta Sachet yang memudahkan konsumen dalam memilih produk Dancow yang akan dibelinya.

    1. Promosi penjualan

Promosi penjualan bertujuan untuk menarik pelanggan untuk membeli Susu Dancow. Promosi-promosi ini dapat berupa pemotongan harga, serta pembagian produk gratis.

    1. Personal Selling dan direct marketing

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Dancow perlu memperkuat penjualan personal dan penjualan langsung untuk berhadapan langsung dengan konsumen agar dapat mengkomunikasikan nilai-nilai tambah bagi konsumen. Dancow juga membuat komunitas Parenting centre, Nestle Consumer Service Center, dll dalam upaya mendekatkan diri dengan konsumen.

    1. Memperkuat jaringan distribusi dan kerja sama bisnis

Sosro memiliki jaringan distribusi yang luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Untuk meningkatkan persaingan di pasar, perlunya perluasan distribusi ke seluruh daerah di Indonesia menjadi focus penting yang dipersiapkan Dancow. Dancow pun bekerja sama dengan pemasok dan retailer kecil dalam memudahkan distribusi produk merata ke segala penjuru nusantara.

    1. Special event

Dancow sangat peduli terhadap perkembangan anak di Indonesia. Dancow melakukan berbagai event tentang Parenting dan sering mengkampanyekan tentang perkembangan anak serta hubungan orangtua dan anak. Dancow juga mengadakan Dancow Caravan Gizi, serta sering menjadi media partner acara televisi nasional dalam memberikan informasi gizi dan perkembangan produk.

Kesimpulan

Brand Name yang telah melekat di masyarakat membuat Dancow tetap menjadi Market Leader produk susu formula di Indonesia walaupun terjadi persaingan yang sangat ketat dengan brand-brand lain, yang melakukan strategi pemasaran yang sangat gencar yang diwaspadai oleh dancow. Berbagai inovasi dilakukan untuk mempertahankan posisinya sebagai Brand Market Leader, salah satunya adalah keluarnya susu formula dancow dengan rasa yang baru. Keunggulan susu formula Dancow dibanding dengan produk lain antara lain: memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang terdapat didalam susu formula tersebut, menjadi pelopor dan produk susu formula terbesar di dunia, dan selalu ingin berupaya mengembangkan diri dan salah satu upayanya dengan strategi pemasaran melalui promosi kampanye besar-besaran.

 


Leave a Reply