Tugas 2 – Kelompok 7


ANALISIS SWOT,STRATEGI BRAND EQUITY,PRODUCT STRATEGY,PRICE STRATEGY,MARKETING CHANNEL DAN MARKETING COMMUNICATION PRODUK EIGER

 

Oleh:

GHIFAR C.A. (1401144224)

NURUL RACHMA FADHYLA (1401144147)

OKI ISMANTO

SHIDHIQ PERMANA DARYAN (1201134033)

 

MBTI-D

        MANAJEMEN BISNIS TELEKOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

2015

 

 


 

ANALISIS SWOT

Helpful to achieving the objective Harmful to achieving the objective
 

 

Attribute of the organization

 

STRENGTH

 

WEAKNESS

 

 

Attribute of the environment

 

OPPORTUNITIY

 

THREAT

 

Helpful to achieving the objective Harmful to achieving the objective
 

 

 

Attribute of the organization

·         Kualitas produk yg tidak diragukan

·         Brand eiger yg sudah ada sejak lama

·         Menyediakan produk dengan utilitas lengkap

·         Harga produk relatif mahal

·         Toko cabang yg mayoritas berada di kota besar

·         Produk yang tidak cocok untuk dipakai kegiatan sehari-hari

 

 

 

Attribute of the environment

·         Masyarakat yg mulai menggemari mendaki gunung

·         Konsumen yang lebih mementingkan kualitas daripada harga

·         Bentuk geografis Indonesia yang mendukung banyak kegiatan kepencinta alaman

·         Banyak produk ilegal yg mengatasnamakan eiger

·         Banyaknya pesaing yg menjual produk adventure selain eiger

 


 

ANALISIS STRATEGY BRAND EQUITY

 

Cara Membangun Komponen – Komponen Ekuitas Merek

  1. Brand Awareness
  2. Komponen brand awareness dapat dibangun dengan melancarkan promosi terutama berdasarkan sumber informasi yang paling berpengaruh menurut responden yaitu:
  • Perluasan toko/outlet dan membuat tampilan yang lebih menarik sehingga orang semakin sadar akan keberadaan toko/outlet tersebut.
  • Melakukan program kerjasama yang lebih menyeluruh sehingga orang yang mengetahui merek Eiger akan semakin banyak.
  1. Brand Association
  2. Komponen brand association dapat dibangun dengan cara:
  • Membangun dan membuat suatu ikatan langsung yang kuat antara merek Eiger terhadap kesan yang ingin disampaikan kepada konsumen lewat produk yang ditawarkan, bisa melalui simulasi ataupun melalui brosur sehingga secara tidak langsung konsumen akan lebih sadar akan kesan yang ingin disampaikan dan bisa lebih merasakan kesan tersebut.
  1. Perceived Quality
  2. Komponen perceived quality dapat dibangun dengan cara:
  • Melakukan perbaikan terhadap setiap elemen yang ada seperti perbaikan terhadap kualitas produk dan kualitas jasa yang ditawarkan kepada konsumen, terutama perbaikan yang disesuaikan dengan usulan prioritas perbaikan yang ada.
  1. Brand Loyalty
  2. Komponen brand loyalty dapat dibangun dengan cara:
  • Memberikan discount khusus bagi konsumen setia, dan juga kepada konsumen yang telah mengajak temannya untuk membeli produk Eiger.

 


 

ANALISIS PRODUCT STRATEGY

 

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan (Kotler, 2005:69). Kebijakan produk yang dilakukan oleh Eiger adalah:

  1. Menciptakan kesadaran konsumen terhadap produk PT Eigerindo Multi Produk industry untuk meningkatkan penjualan produk.
  • Langkah pertama yang dilakukan adalah menciptakan kesadaran akan adanya produk-produk yang berkualitas pada client-client potensial yang ditemui. PT Eigerindo selalu menjelaskan tentang produk-produknya kepada konsumennya agar para konsumen paham betul tentang produk-produk yang ditawarkan, tentang pelayanan mutu yang diberikan, dan juga perhatian khusus yang diberikan kepada setiap pelanggan. Hal yang lebih penting yang dilakukan oleh PT Eigerindo berhubungan dengan konsumen adalah dengan cara memberikan brosur-brosur kecil dan juga iklan-iklan yang diterbitkan merupakan cara yang baik untuk menyampaikan pesan.
  1. Meningkatkan ketertarikan konsumen pada PT Eigerindo Multi Produk Industri
  • PT Eigerindo melakukan promosi penjualannya dengan berbagai cara yang menciptakan ketertarikan dari konsumen seperti melakukan berbagai event-event di lapangan yang memunculkan rasa ketertarikan terhadap produk-produk yang dijualnnya.
  1. Mengubah rasa ingin tahu menjadi keingin untuk memakai produk-produk PT Eigerindo Multi Produk Industri.
  • Ketika pelanggan potensial datang dan kemudian memberikan perhatian kepada produk yang dijual PT Eigerindo, maka PT Eigerindo membuat suasana yang meningkatkan gairah untuk membeli produknya salah satu caranya adalah dengan menggunakan daftar untuk memberikan gambaran lengkap akan rangkaian produk yang ada, terangkan produk-produk dan filososfi perusahaan kepada pelanggan yang ada.

ANALISIS PRICE STRATEGY

 

Harga adalah jumlah uang yang ditagih untuk suatu produk atau jasa, jumlah nilai yang dipertukarkan konsumen untuk manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa (Kotler, 2005:340). Eiger dalam menjalankan penjualan produk menggunakan strategi harga dengan menggunakan batasan-batasan harga pada tiap produknya, batasan-batasan harga yang digunakan oleh Eiger diantaranya adalah dengan memberikan penawaran harga produk pada website resminya mulai dari kelompok produk dangan harga dibawah Rp200.000 rupiah hingga kelompok produk diatas Rp1.000.00

Selain itu, PT. EIGER dalam menjalankan penjualan produk menggunakan strategi harga dengan cara memberikan potongan kepada yang mempunyai member dan merupakan ikatan sebagai konsumen tetap.

 

 

ANALISIS MARKETING CHANNEL

  1. Bentuk saluran pemasaran oleh PT. Eigerindo adalah :

Produsen => Distributor (agen, toko, grosir dll) => Konsumen

 

  1. Tugas perantara dalam saluran pemasaran adalah
    1. Produsen sebagai penyedia barang yang dibutuhkan oleh distributor.
    2. Distributor adalah aktivitas pengumpulan barang dari berbagai produsen. Dan merupakan aktivitas membagi produk berbagai produsen itu masing-masing kedalam kuantitas yang lebih kecil, sesuai dengan yang didutuhkandan diminta konsumen.
    3. Konsumen sebagai pemakai dari produk yang dihasilkan

 

  1. Peran perantara yaitu produsen dan distributor adalah
  1. Sebagai membuat barang tersedia secara luas dan mudah diperoleh pasar sasaran. Perantara tersebut berkaitan dengan hubungan, pengalaman, spesialisasi, dan skala operasi mereka, biasanya menawarkan kepada perusahaan lebih banyak daripada yang dapat mereka capai sendiri.
  2. Dari segi sistem ekonomi, perantara pemasaran adalah mengubah persediaan yang bersifat heterogen menjadi berbagai macam barang yang ingin dibeli orang. Perantara juga menjembatani ketidaksesuaian antara berbagai barang dan jasa yang dihasilkan produsen dan bermacam barang yang diminta konsumen.

 

Cara meningkatkan penjualan oleh distributor :

    1. Service yang diberikan
    2. Perusahaan yang bertindak sebagai produsen akan bersedia menggunakan perantara jika pihak perantara tersebut memberikan service yang baik misalnya menyediakan fasilitas pengangkutan dan pergudangan.
    3. Kemampuan menjual
    4. Faktor yang diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan dalam menggunakan perantara adalah kemampuan, menjual produk yang dihasilkan. Perantara yang berhasil mencapai volume penjualan yang tinggi maka perusahaan akan tertarik memilihnya sebagai salah satu channel distribusinya.
    5. Biaya untuk memilih saluran distribusi adalah faktor biaya yang harus diperhitungkan. Biaya yang merupakan hal yang tidak pernah terlepas dari segala usaha selalu diperhatikan dalam menentukan saluran, apabila penggunaan distributor dapat memperingan kerugian dan memperingan biaya penjualan, perusahaan akan terus menggunakan perantara karena juga dapat memperkecil harga jual akhir sehingga dengan demikian harga produk dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya.
    6. Distribusi yang efekitif dapat mencegah para konsumen yang setia beralih pada produk perusahaan pesaing, di samping dapat pula menambah jumlah pemakai industri yang baru.

 

 

ANALISIS MARKETING COMMUNICATION

  • Tanggung Jawab :

 

    1. Membuat perencanaan, melaksanakan , dan mengevaluasi hasil kerja seluruh aktivitas yang bertujuan untuk mengkomunikasikan brand, product, dan store Eiger sesuai dengan tujuan / visi / misi perusahaan.
    2. Mendukung pencapaian target sales dengan budget promosi yang efisien dan tepat sasaran.

 

  1. Tugas-tugas berkaitan dengan :
  1. PERENCANAAN
    1. Mencari, mendata, menyeleksi penawaran promosi , menganalisa cost dan benefitnya.
    2. Membuat perencanaan kerja Marketing Communication harian, mingguan, dan bulanan, berikut dead line dan lead time setiap bagian terkait, dengan konsep Integrated Marketing communication.
    3. Mengajukan perencanaan yang sudah dibuat kepada Marketing Manager.
    4. Mencari informasi dan membuat perbandingan mengenai aktivitas dan media promosi yang tepat.
    5. Mendiskusikan setiap rencana yang dibuat dan disetujui dengan tim terkait ( PRD, Supply, East, dll. )
    6. Mengatur pekerjaan Mark. Communication staff agar loading pekerjaan berimbang dan efisien.
  1. PELAKSANAAN DAN FOLLOW UP
      1. Melakukan follow up untuk setiap pekerjaan yang sudah dibuat perencanaannya.
      2. Mengontrol dead line pencapaian, pengajuan dana, pembuatan materi promosi, agar berjalan tepat waktu.
      3. Melakukan kerja sama dengan tim terkait ( PRD, East, atau Supply ) untuk menjalankan rencana MC yang disetujui.
  • Mendukung penyediaan katalog / informasi produk dan maintenance pembuatan Web Site, serta promosi produk.

 

      1. Mengkoordinir dan mengontrol aktivitas EAC.
      2. Aktif melakukan koordinasi kegiatan promosi, atau even, sesuai dengan jadwal yang disepakati.
      3. Menjawab e-mail atau pertanyaan sehubungan dengan keluhan / komplain / atau pertanyaan dari customer, dan menginformasikan dengan tim marketing yang berhubungan.
      4. Menindaklanjuti setiap komplain dan bekerja sama dengan tim Marketing terkait untuk penyelesaiannya.
      5. Mendukung Business Retail dalam mempersiapkan promosi toko, khususnya pembukaan toko baru.
      6. Membuat surat kesepakatan atau perjanjian dengan atlit atau pengaju sponsor
      7. Mengecek realisasi dari kontraprestasi setiap even promosi.
  • Melakukan follow up setiap pengajuan dana dan pembayaran biaya promosi.        

Leave a Reply