Tugas 2 – Kelompok 9


TUGAS 2

MARKETING MANAGEMENT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun Oleh :

Audita Givanie Shabrina        (1401140279)

Fathur Fadlillah Nugraha        (1401144136)

Mohamad Desra Priambodo   (1401144081)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Telkom University

2015

SEJARAH PERKEMBANGAN PERUSAHAAN  

 

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).

 

Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.

 

Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor Honda tahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.

 

Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2001 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.

 

Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 4 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Pabrik ke 3 berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 4 berlokasi di Karawang. Pabrik ke 4 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2014.

 

Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 5.3 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkatAsean.
 

Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.800 showroom penjualan, 3.600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), serta 7.550 gerai suku cadang, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar 20.000 orang, ditambah ratusan vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberikan kesempatan kerja kepada sekitar setengah juta orang. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

 

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

 

Visi Honda adalah untuk mengambil dan memimpin di pasar motor Indonesia dengan membuat mimpi pelanggan menjadi kenyataan, menciptakan kesan menyenangkan kepada para pelanggan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia. Sedangkan misi Honda adalah menciptakan solusi mobilitas kepada masyarakat dengan produk dan layanan terbaik.

 

Mencermati visi dan misi perusahaan tersebut, bagaimanapun visi merupakan cita – cita yang ingin di capai seseorang atau organisasi. Artinya cita – cita yang di lontarkan oleh Honda Motor sangat relevan dengan keinginan calon konsumennya. Mewujudkan mimpi pelanggan, artinya perusahaan akan selalu berusaha untuk mewujudkan keinginan konsumen. Dari Visi tersebut jelas konsep strategi bisnis mengarah kepada Orientasi Pasar (keinginan pasar).

Honda memproduksi dan memasarkan kendaraan bermotor di Indonesia. Bermula pada  tahun 1971 dan selalu berkembang hingga memiliki komponen atau perangkat produksi dan sistem pemasaran serta evaluasi yang lengkap. Selanjutnya honda mengembangkan produk sesuai dengan keinginan konsumen atau melihat harapan konsumen. Dengan slogan “One Heart”, terkenal irit dan citra bahwa mesin awet, adalah salah satu bukti bagaimana perusahaan Honda (AHM) mengendalikan pasar sesuai dengan keinginan pasar itu sendiri.

 

ANALISA SWOT

 

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

  • Strength(Kekuatan)

Merupakan kondisi internal yang menunjang suatu organisasi untuk mencapai objektif       yang diinginkan.

  • Weakness(Kelemahan)

Merupakan kondisi internal yang menghambat suatu organisasi untuk mencapai                  objektif yang diinginkan.

  • Opportunity(Peluang)

Merupakan  kondisi eksternal yang memberikan peluang bagi perkembangan          organisasi dimasa yang akan datang.

  • Threat(Ancaman)

Merupakan kondisi eksternal yang menjadi ancaman bagi eksistensi organisasi.

 

Analisis SWOT terhadap PT. Astra Honda Motor :

STRENGTH

  • Kualitas, kualitas produk yang di produksi telah berstandar internasional dan telah memasyarakat di masyarakat Indonesia.
  • Kuantitas, kemampuan produksi yang lebih dari 30.000 unit dengan didukung 4 pabrik yang beroperasi.
  • Branch Mark, produk Honda yang mayoritas digunakan oleh masyarakat Indonesia membuat merk Honda menjadi merk terbaik di kalanga masyarakat.
  • Prestasi, prestasi yang di dapat oleh PT Astra Honda Motor dibuktikan dengan banyaknya penghargaan terbaik kepada PT Astra Honda Motor.
  • Mudah dalam mendapatkan spare part. Station service dan spare part yang terdistribusi hingga tersebar hampir ke seluruh kota di Indonesia membuat konsumen dengan mudah mendapatkan part untuk perbaikan maupun aksesoris lainnya.
  • Dealer / Show room yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk membeli produk dari Honda.
  • Teknologi , kemajuan teknologi canggih di dunia otomotif terus berkembang. Begitupun teknologi yang terus dikembangkan dan diterapkan pada produk Honda membuat masyarakat semakin mempercayai kualitas produk dari PT Astra Honda Motor.
  • Low Price Produk, harga jual produk yang terjangkau semakin membuat masyarakat mudah untuk membeli produk dari Honda tersebut. Sebagaimana yang di ketahui dengan kondisi ekonomi yang semakin menuntut disetiap sektor , masyarakat harus mampu untuk mengelola keuangan dengan baik termasuk untuk membeli produk dengan harga yang terjangkau.

 

WEAKNESS

  • Model atau design yang kurang modis, desain yang kurang modis dan mengikuti keinginan masyarakat membuat minat masyarakat untuk membeli produk menurun. Keinginan atau trend dariwaktu ke waktu terus berubah membuat para produsen harus dapat mengerti keinginan masyarakat.
  • Produk yang abnormal, beberapa varian produk dari Honda ini mengalami gangguan ketika produk tersebut telah dijual atau dipasarkan ke masyarakat.
  • Part yang cenderung mahal, spare part atau suku cadang yang relatif mahal mempunyai faktor penjualan produk terhadap daya beli masyarakat. Ketika suku cadang mahal, masyarakat pengguna produk memikirkan jangka panjang terhadap suku cadang produk yang dibelinya tersebut. Itu dikarenakan suku cadang merupakan bagian yang penting saat part dari produk memasuki masa usia layak pakainya.

 

OPPORTUNITIES

  • Jumlah penduduk yang besar, tingkat populasi penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan sebagai target penjualan produk. Semakin banyak penduduk kemungkinan untuk menjual produk lebih banyak sangat terbuka lebar.
  • Produsen yang masih terbatas, terbatasnya produsen produk otomotif khususnya sepeda motor memberikan peluang besar terhadap PT Astra Honda Motor untuk mengambil pangsa pasar tersebut.
  • Ekspansi ekspor ke negara berkembang, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa PT Astra Honda Motor telah melakukan eksport produknya ke negara yang sedang berkembang. Ekspansi ini perlu dilakukan untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan serta perluasan jaringan terhadap produk yang hendak di pasarkan.
  • Kepercayaan Honda Japan Corp., kepercayaan pemilik brand Honda dari jepang terhadap PT Astra Honda Motor merupakan sebuah peluang untuk terus mengembangkan potensi yang ada pada PT Astra Honda Motor. PT Astra Honda Motor terus berkoordinasi guna menjaga stabilitas hubungan dan perkembangan teknologi terbaru.
  • Banyaknya komunitas motor Honda, para pengguna honda yang membentuk komunitas ini seharusnya dapat dijadikan sebagai salah satu pangsa pasar produk dimana komunitas pecinta sepeda motor ini merupakan aset ATPM untuk mencoba memasarkan produk terbaru. Ini berguna sebagai acuan untuk tahapan proses selanjutnya.

 

THREAT

  • Produsen lain yang terus berkembang, produsen otomotif lain yang terus berbenah diri dan berkembang serta berusaha untuk membagun citra positif untuk merebut sebagian pangsa pasar otomotif merupakan sebuah ancama PT Astra Honda Motor terhadap produk yang dipasarkan.
  • Krisis Global, tidak bisa di pungkiri bahwa pengaruh ekonomi global dapat mengurangi daya beli pasar terhadap produk terutama pasar non-domestik yang mengalami krisis tesebut.
  • Bencana alam, bencana tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu membuat Honda Corp Japan mengalami goncangan. Ini membuat part yang masih di import langsung dari Jepang megalami keterhambatan.
  • Part import , suku cadang yang masih belum dapat sepenuhnya di produksi dalam negeri membuat ketergantungan akan suku cadang import masih tinggi. Apabila terjadi keterlambatan atau hambatan dalam distribusi suku cadang akan berpengaruh terhadap produksi produk tersebut.
  • Suku Bunga bank, suku bunga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, apabila sukubunga turunmaka daya beli akan naik namun apabila suku bunga itu naik maka akan terjadi penurunan daya beli masyarakat dan menjadi salah satu ancaman bagi penjualan produk.
  • Investasi, PT Astra Honda Motor merupakan perusahaan tebuka. Ini berarti bahwa kepemilikan sahamnya dimiliki oleh beberapa pemegang saham. Investasi yang tumbuh dengan baik akan memberi dampak positif bagi kelangsungan perusahaan., namun sebaliknya jika kondisi investasi memburuk maka menjadi ancaman terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Investasi merupakan modal utama pada sebuah perusahaan terbuka.
  • Kebijakan pemerintah, kebijakan pemerintah merupakan suatu hal yang sangat perlu di perhatikan, meskipun jarang terjadi hal ini menjadi suatu faktor yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Contoh kecil adalah kenaikan harga bbm, ini memicu penurunan daya beli masyarakat terhadap produk otomotif.
  • Besaran Uang muka, sebagian besar di Indonesia penggunaan sistem kredit menjadi pilihan terbanyak bagi masyarakat yang membeli produk otomotif. Keringanan dalam membayar dan dengan menyerahkan uang muka dapat membeli produk tersebut. Semakin kecil uang muka semakin besar daya beli masyarakat untuk membeli produk dengan dicicil. Begitu pula sebaliknya.
  • ANALISA STRATEGI BRAND EQUITY

 

Merek merupakan asset yang tidak berwujud, namun banyak  industri menganggap bahwa nilai yang melekat pada merek dagang perusahaan adalah hal yang paling penting. Nilai suatu merek dagang  terbentuk dari kepercayaan para pelanggan terhadap merek dagang perusahaan.  Kepercayaan ini membentuk relasi antara merek dan pelanggan yang mendorong preferensi, loyalitas merek dan keinginan untuk mempertimbangkan produk dan jasa baru yang ditawarkan perusahaan di masa depan dengan merek tertentu (Sumarwan et al, 2011). Menurut Kotler dan Keller (2009) merek adalah nama, itilah, tanda, lambing atau desain atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari sala satu penjual atau kelompok penjual yang mendiferensiasikan mereka dari para pesaingnya.

 

Ekuitas merek (brand equity) adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa (kotler dan Keller, 2009). Dalam sebuah bisnis, ekuiti pemilik adalah nilai yang nilai yang dipegang pemilik di perusahaan. Nilai tersebut ditentukan oleh perbedaan antara apa yang perusahaan miliki berupa aset dan apa yang dimiliki berupa kewajiban. Semakin besar ratio aset terhadap kewajiban, semakin besar ekuiti pemilik. sama halnya dengan menghitung nilai perusahaan, menghitung nilai merek adalah mengurangi nilai kewajiban merek total dari nilai aset merek total (Brand Equity = Brand Assets – Brand Liabilities) (Sumarwan et al, 2011).

Menurut Aaker  dalam Sumarwan (2011), pembagian ekuitas merek berdasarkan 5 unsur utama, yaitu:brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty dan asset merek lain seperti trademarkdan paten. Brand awareness adalah ukuran kekuatan eksistensi merek dibenak pelanggan. Brand awareness ini mencakup brand recognition (merek yang pernah diketahui pelanggan), brand recall (merek yang pernah diingat pelanggan untuk suatu kategori  produk tertentu), top of mind (merek pertama apa yang disebut oleh pelanggan sebagai salah satu kategori produk tertentu), hingga dominant brand (satu-satunya merek yang diingat pelanggan).

 

Brand association adalah asosiasi apapun yang terkait dengan merek tertentu. Asosiasi ini bisa berupa atribut produk. Asosiasi ini biasanya dibentuk oleh identitas yang dimiliki merek tersebut. Berbagai riset bisa menggunakan asosiasi ini sebagai basis positioning produk. Brand association ini akan terbentuk di benak pelanggan dan akan membantu proses mengingat dan informasi terhadap proses tertentu. Selain itu juga dapat menjadi penentu pelanggan dalam menentukan pembelian. Brand association juga menciptakan positif attitude atau perasaan terhadap pelanggannya dan seperti persepsi kualitas, brand association ini menjadi basis dalam eksistensi merek.

 

Preceived quality adalah persepsi pelanggan terhadap kualitas dan superior produk relatif terhadap pesaing. Seringkali perceived kualitas ini sulit ditentukan mengingat perceived quality merupakan hasil persepsi dan judgement dari pelanggan ,menjadi basis diferensiasi dan positioning produk, menghasilkan harga premium, serta menjadi daya tarik bagi retailer dan distributor. Jika merek mamiliki persepsi yang baik maka akan menjadi dasar bagi eksistensi dan perluasan merek.  Dimensiperformance dari produk dan service yang melingkupi product: performance, feature, conformance withspecification, reliability, durability, serviceability, fir and finish, service: tangibles, responsiviness, competence, reliability, assurance, emphaty, responsiveness perlu diketahui untuk mengukur hal tersebut.

Brand loyalty adalah loyalitas yang diberikan pelanggan kepada merek. Loyalitas ini menjadi ukuran seberapa besar kemungkinan pelanggan akan pindah ke merek lain. Ia merupakan satu-satunya unsure equitas merek yang terkait dengan perolehan laba di masa depan.  Loyalitas yang menjamin pelanggan tidak berpindah ke merek lain, walaupun pesaing menerapkan harga yang lebih murah atau yang berkualitas lebih baik. Manfaat yang didapatkan apabila pelanggan memiliki loyalitas yang kuat akan menghemat biaya karena meretensi pelanggan lama jauh lebih murah dari pada pelanggan baru. Pelanggan yang memiliki loyalitas juga mendapatkan ruangan atau tempat yang dominan di outlet karena peritel melihat merek dengan loyalitas tinggi akan selalu dicari pelanggan. Loyalitas merek yang tinggi  akan memicu word of mouth karena pelanggan loyal akan cenderung menjadi pengiklanan anda yang sangat fanatik.

 

Pembangunan ekuitas merek bergantung pada tiga faktor utama yaitu : pilihan awal untuk elemen atau identitas merek yang membentuk merek, cara merek diintegrasikan ke dalam dukungan program pemasaran dan asosiasi yang dipindahkan secara tidak langsung ke merek dengan menghubungkan merek dengan entitas lainnya (misalnya perusahaan, negara asal, saluran distribusi atau merek lainnya). Selain itu konsep ekuitas merek harus dilengkapi dengan konsep ekuitas pelanggan yang merefleksikan jumlah dari nilai-nilai seumur hidup dari seluruh pelanggan untuk sebuah merek (Kotler dan Keller, 2009).

 

Analisa Brand Equity pada PT. Astra Honda Motor, Honda memiliki diferensiasi dalam hal pengembangan produk. Mulai dari segi segment maupun segi demografinya. Penerapan kualitas yang tinggi juga menjadikan produk Honda menjadi produk yang paling dicari oleh para pelanggan. Sehingga kualitas produk menjadi strategi utama dalam produksi untuk meningkatkan mutu produk sesuai dengan tuntutan standar lingkungan secara nasional dan internasional (state of art). Seperti yang diketahui saat ini, merek Honda merupakan merek teratas dibandingkan dengan yang lainnya, hal tersebut terjadi karena banyak masyarakat percaya bahwa kualitas Honda memang bagus. Brand awareness dari Honda pun sangat dikenal masyarakat.

 

PRODUCT STRATEGY

 

Strategi produk merupakan salah satu keputusan penting dalam ruang lingkup marketing. Jadi, apa yang ada dan sesuai dalam marketing di serap oleh strategi produk. Singkatnya marketing berkontribusi terhadap strategi produk dalam hal daur hidup produk, spesifikasi produk, penentuan target dan memasarkan produk.

 

 

 

 

 

Produk berupa barang dan jasa yang dikeluarkan oleh  AHM adalah :

  1. Sepeda Motor Honda
  2. Astra Honda Motor menawarkan banyak sekali tipe dan warna sepeda motor masih memiliki spesifikasi masaing – masing yang disesuaikan oleh kebutuhan dan keinginan pelanggan, antara lain :
  3. a)      Tipe bebek

–          Honda Revo

–          Honda Blade

–          Honda Supra

  1. b)      Tipe Matic

–          Honda PCX 150

–          Honda Scoopy

–          Honda Spacy

–          Honda Beat

–          Honda Vario

  1. c)      Tipe Sport

–          Honda CBR

–          Honda Mega Pro

–          Honda Tiger

  1. Bengkel resmi sepeda motor merk Honda

Pelayanan bengkel yang banyak menyebar di seluruh Indonesia dengan peralatan yang lengkap dan pelayanan yang ramah sehingga lebih memudahkan pelanggan untuk melakukan servis sepeda motor. Karena pelayanan jasa sangat penting maka keramahan  dan  kemampuan pegawai dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.

  1. Honda Genuine Parts
  2. AHM juga menyediakan spare parts yang asli seperti oli , drive chain kit, plastic part dan masih banyak barang kebutuhan motor pelanggan yang disediakan. Meskipun harga relative mahal tetapi kualitas dari produknya terjamin aslinya.

 

PRICE STRATEGY

 

Harga untuk tarif  produk  dan  jasa  yang  di  berikan  dan yang di  sosialisasikan sangat   menentukan   keberhasilan   pemasaran,   jika   harga   tarif   rendah dibarengi dengan tingginya kualitas pelayanan barang dan jasa, maka konsumen akan lebih tertarik menggunakan jasa dan membeli motor Honda. Seperti yang telah disebutkan bahwa memang harga relatif mahal, tetapi apabila kualitas yang di hasilkan sepadan maka konsumen tentu tetap memilih Honda sebagai prioritas.

 

Yang paling diwaspadai adalah kompetitor, sebab selain persaingan harga sangat ketat. Secara umum semua menawarkan harga yang relatif murah atau terjangkau. Disinilah poin yang harus diperhatikan. Ketika harga mulai ketat, maka satu – satunya cara yang dapat dimaksimalkan adalah mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas dan pilihan bagi konsumen. Dan saat ini kunci keberhasilan Honda adalah pada kualitas yang dimiliki.

 

Dalam menentukan harga PT. AHM ini menggunakan strategi seperti :

  1. Menentukan harga sesuai dengan segment pasar,
  2. Variasi harga dari varian produk,
  3. Harga suku cadang yang bersaing,
  4. Memberikan cash back terhadap pembelian motor Honda, hal ini dapat dilakukan

melalui FIF, Adira, maupun jasa pembiayaan lain.

 

MARKETING CHANNEL

 

Saluran pemasaran ( marketing channels ) merupakan sekelompok organisasi yang saling bergantung, mempunyai beragam fungsi serta terlibat dalam pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi. Sebagian besar produsen membutuhkan saluran pemasaran guna menjual produk atau jasanya sampai ke pengguna akhir. Dengan kata lain marketing channel adalah sebuah perantara yang membantu suatu produk atau jasa berada di pasar untuk digunakan oleh konsumen.

 

Seperti uraian company profile sebelumnya, PT Astra Honda Motor  memiliki 3.800 layanan service atau bengkel AHASS, serta   6.500 gerai suku cadang sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Hal yang mungkin jadi masalah adalah pabrik Honda terdapat di Jawa, padahal konsumennya seluruh Indonesia. Oleh karena itu sistem transportasi pengangkut harus selalu diperhatikan.

 

Hal ini mengacu pada pendapat Philip Kotler, Basu Swastha & Irawan ataupun David W Cravens yang intinya hampir sama yaitu dalam distribusi yang harus di perhatikan adalah sistem transportasi, sistem penyimpanan, dan pemilihan saluran distribusi. Dari ketiga hal tersebut AHM telah mampu memenuhi dan setidaknya mengatasi permasalahan distribusi. Hal ini terbukti bahwa AHM memiliki 1.600 showroom dealer penjualan resmi AHM.

 

MARKETING COMMUNICATION

 

Marketing Communication ( Komunikasi Pemasaran ) adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan meningkatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jual.

 

Beberapa cara yang telah dilakukan oleh PT. AHM dalam melakukan promosi sesuai dengan konsep dasar Marketing communication diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Advertising

Setiap produk yang diluncurkan PT. Astra Honda Motor memiliki karakteristik iklan yang berbeda, karena setiap produk memiliki segmentasinya masing-masing. Contohnya produk Honda memiliki tagline yang dibuat pada tahun 2010 yaitu “One Heart”. Tagline ini menandai bahwa semangat baru Honda untuk tetap memberikan produk dan layanan terbaik bagi semua pengguna sepeda motor di Indonesia. Tidak hanya sekedar membuat tagline saja, Honda juga telah melalui tahapan program promosi seperti symbol Honda yang telah dikenal dan menimbulkan aware dihati para pelanggan. Selain itu Honda melakukan pengiklanan lewat semua media seperti media massa, media cetak, dan media – media lain yang memungkinkan produk dapat dikenal oleh pelanggan ataupun masyarakat. Adapun kegiatan penyebaran brosur yang berisikan produk – produk  sekaligus harga yang ditawarkan oleh Honda.

 

  1. Personal Selling

PT Astra Honda Motor memiliki sales promotion girl (SPG) & sales promotion boy (SPB) sebagai personal selling yang ditempatkan pada dealer-dealer resmi, guna memberikan informasi kepada konsumen terkait produk-produk yang telah diluncurkan ke pasaran.

 

  1. Sales promotion

Sales promotion merupakan salah satu cara untuk memberikan penawaran-penawaran khusus/nilai tambah dari produk-produk yang dijual PT Astra Honda Motor kepada calon konsumen agar menarik minat mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Contohnya yang telah dilakukan oleh PT. AHM adalah sebagai berikut :

  1. a) Memberikan potongan harga khusus. Diskon Pembelian Honda Spacy Hingga Rp

500.000,- b) Setiap pembelian produk Honda pelanggan akan mendapatkan helm, jaket maupun

special gift Honda secara gratis.

  1. c) Mendapatkan kesempatan untuk menikmati servis gratis selama tiga sampai empat kali

servis motor di dealer – dealer Honda terdekat.

  1. d) Pelanggan dapat memilih warna sepeda motor yang diingikan, karena Honda memiliki

banyak sekali pilihan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan

pelanggan. Contohnya adalah Honda scoopy yang memiliki varian warna – warna

cerah dan lucu.

 

  1. Direct Marketing

Salah satu strategi yang dilakukan dalam hal Call center PT Astra Honda Motor tidak menggunakan penjawab telepon otomatis, melainkan dengan menyediakan customer service yang sangat terlatih. PT Astra Honda Motor akan menindaklanjuti masalah atau keluhan yang telah disampaikan untuk tetap dapat menjamin kepuasan para pelanggannya.

 

  1. Public Relations

Menurut pendapat Kotler dan amstrong (2001) yang menyebutkan bahwa public relation adalah suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif.

Public Relation yang bekerja pada PT Astra Honda Motor bertugas untuk melakukan kegiatan yang sistematis untuk mencapai citra positif perusahaan dan meyakinkan customer bahwa produk-produk dari perusahaan tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. a) Produk Honda memiliki keunggulan kualitas terbaik, desain, performa, ketahanan,

maupun konsumsi BBM yang hemat,

  1. b) Memenuhi keinginan konsumen dengan produk yang berkualitas, dengan menerapkan

sistem fuel injection,

  1. c) Mengembangan produk,
  2. d) Memiliki berbagai tipe sepeda motor yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan

pelanggan setia Honda,

  1. e) Kualitas standar Internasional,
  2. f) Menyediakan kendaraan yang aman, menyenangkan, dan ekonomis sesuai dengan

kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan Sepeda motor Honda

kembali dinobatkan sebagai sepeda motor terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia

seiring dengan diterimanya penghargaan Top Brand Award 2014.

  1. g) Melakukan sponsor kegiatan amal, festival musik, olahraga, maupun kegiatan lain agar

masyarakat lebih mengenal Honda yang aktif menjadi sponsor berbagai macam

kegiatan,

  1. h) Melakukan kegiatan seminar maupun kegiatan pengenalan produk baru, pameran

produk motor Honda yang dibarengi dengan permainan maupun kegiatan yang

berhadiah menarik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KESIMPULAN

 

Kesimpulan dari analisis diatas adalah bagaimana cara perusahaan PT. Aastra Honda Motor mampu memenangkan pasar dengan cara menentukan strategi-strategi pemasaran yang tepat. Semua pihak yang bersangkutan dengan PT. Astra Honda Motor sangat berpengaruh akan keberhasialan pasar. Contohnya adalah keunggulan sepeda motor Honda yang telah terbukti kualitasnya, harus dipertahankan agar memenuhi kepuasan pelanggan. Keramahan dan kenyamanan pelanyanan, bengkel perawatan motor yang yang lengkap dan tersebar di seluruh Indonesia sehingga memudahkan pelanggan untuk melakukan servis. Menyediakan berbagai macam sepeda motor dan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Sesuai dengan apa yang disebutkan dalam visi dan misi perusahaan.

 

Tersedianya berbagai macam tipe sepeda motor yang ditawarkan, harga yang disesuaikan dan kualitas yang terjamin merupakan salah satu strategi dalam pemasaran PT. AHM dalam mencapai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal tersebut menjadi  bagian dari bagaimana Honda mampu mencarai atau merebut hati konsumen. Terbukti dengan slogan “One Heart” dan hampir setiap produk mempunyai karakter yang kuat sesuai dengan target yang di tuju. Inilah keunggulan daya saing yang sebenarnya dari produk Honda. Salah satu strategi  untuk menjadi pemenang adalah dengan menganalisis karakter dan keinginan konsumen terlebih dahulu.

 

Dengan bukti terjualnya jutaan unit sepeda motor pertahunnya, berarti kepercayaan pelanggan telah melekat pada diri PT. AHM. Dalam melakukan inovasi yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Karena dengan begitu inovasi tersebut akan mencapai kepuasan pelanggan. PT. AHM juga harus selalu focus pada target pengembangan produk yang lebih mutakhir, inovasi teknologi, pengembangan yang berkelanjutan terhadap produknya. Selanjutnya AHM juga dapat menjual lebih banyak motor skutik dan sport yang lebih banyak sesuai dengan permintaan pelanggan. Bisa juga melakukan pengembangan penjualan di tempat lain atau mencari tempat-tempat yang belum pernah dijangkau termasuk ke pedesaan sekalipun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://arisnurdin.blogspot.com/2013/05/ulasanqu-perencanaan-dan-strategi.html

https://www.academia.edu/6143754/Tugas_1

https://pendyscience.wordpress.com/2014/12/03/analisa-swot-pt-astra-honda-motorahm/

http://echahermansyah.blogspot.com/2013/10/tugas-2-perilaku-konsumen.html

http://lovelaguku07.blogspot.com/2014/03/analisis-strategi-pemasaran-pt-astra.html

 


Leave a Reply