Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terintegrasi


Peran Komunikasi Pemasaran :
Komunikasi Pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen (secara langsung dan tidak langsung) tentang produk dan merek yang dijual.
Maka, komunikasi perusahaan merepresentasikan “suara perusahaan” dan merknya serta membangun hubungan dengan konsumen

Lingkungan Komunikasi Pemasaran yang Sedang Berubah :
Teknologi dan faktor-faktor yang sangat mengubah cara konsumen memproses komunikasi:
Difusi cepat koneksi internet broadband yang kuat, perekam video digital yang   dapat menghilangkan iklan, telepon seluler multifungsi, dan pemutar musik dan video portabel.

Bauran Komunikasi Pemasaran :
Memiliki delapan model komunikasi utama, yakni:
1.    Iklan
2.    Promosi Penjualan
3.    Acara dan Pengalaman
4.    Hubungan Masyarakat dan Publisitas
5.    Pemasaran Langsung
6.    Pemasaran Interaktif
7.    Pemasaran dari mulut ke mulut
8.    Penjualan Personal

Pengaruh Komunikasi Pemasaran :
•    Semua hal yang dapat menyebabkan pelanggan mengetahui dan memperhatikan merk (seperti pensponsoran dan iklan luar rumah) dapat meningkatkan kesadaran merk, setidaknya dalam hal pengakuan merk.
•    Namun, untuk meningkatkan memori terhadap merk, diperlukan pemrosesan yang lebih intens dan menyeluruh.

Model Proses Komunikasi :
a.    Model Makro Proses Komunikasi
Model ini menekankan faktor-faktor kunci dalam komunikasi efektif, antara lain:
    Pihak utama dalam komunikasi (pengirim dan penerima)
    Alat komunikasi utama (pesan dan media)
    Fungsi komunikasi utama (penyandian, pengartian, respons, dan umpan balik)

Model  Mikro Respons Konsumen :
Model hierarki respons klasik terdiri atas:
1.    Kesadaran
2.    Pengetahuan
3.    Rasa suka
4.    Preferensi
5.    Keyakinan
6.    Pembelian

Mengembangkan Komunikasi Efektif :
Langkah-langkahnya antara lain:
1.    Mengidentifikasi pemirsa sasaran
2.    Menentukan tujuan
3.    Merancang komunikasi
4.    Memilih saluran
5.    Menetapkan anggaran
6.    Memutuskan bauran media
7.    Mengukur hasil
8.    Mengelola komunikasi pemasaran terintegrasi

Mengidentifikasi Pemirsa Sasaran
Pemirsa sasaran antara lain terdiri atas:
    Pembeli potensial produk perusahaan
    Pengguna saat ini
    Pengambil keputusan
    Atau pemberi pengaruh (perorangan, kelompok masyarakat tertentu, atau masyarakat umum).

Menentukan Tujuan Komunikasi , terdiri atas :
    Kebutuhan kategori
    Kesadaran merek
    Sikap merek
    Maksud pembelian merek

Merancang Komunikasi
1.    Strategi Pesan
Dalam menentukan strategi pesan, manajemen mencari daya tarik, atau ide yang terkait dengan positioning merk dan membantu menentukan titik paritas atau titik perbedaan.
“Membuat pakaian lebih bersih..”
Merupakan janji pengalaman hasil penggunaan
2.    Strategi Kreatif
Yakni cara pemasar menerjemahkan pesan mereka ke komunikasi tertentu, dan dibedakan atas:
a.    Daya tarik informasional
Mengelaborasi atribut atau manfaat produk atau jasa.
Contoh: iklan solusi masalah “Excedrin menghentikan sakit kepala Yang sangat parah..”
b.    Daya tarik transformasional
Mengelaborasi manfaat atau citra yang tidak berhubungan dengan produk.
Contoh: pengalaman dari penggunaan merk  “Pringles: Once You Pop Up,
the Fun Don’t Stop..”
3. Sumber Pesan
Tiga kredibilitas sumber yang paling sering adalah:
    Keahlian
    Kepercayaan
    Kesukaan orang terhadapnya
Contoh: Dr. Robert Jarvik, pencipta jantung buatan,sukses dengan iklan obat kolesterol “Lipitor”.
4. Adaptasi Global
Pertimbangan yang dibutuhkan:
    Produk
    Segmen Pasar
    Gaya
    Lokal atau global

Memilih Saluran Komunikasi
a.    Saluran Komunikasi Pribadi
Memungkinkan dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara seseorang dengan pemirsa, melalui telepon atau melalui e-mail.
Terdiri atas:
–    Saluran penasihat
–    Saluran ahli
–    Saluran sosial
b.    Saluran Komunikasi NonPribadi
Merupakan komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang. Ini meliputi:
–    Media (media cetak, siaran, jaringan, elektronik, dll)
–    Promosi Penjualan (sampul, promosi konsumen, promosi dagang, dll)
–    Acara dan Pengalaman (olahraga, hiburan, seni dan amal)
–    Hubungan Masyarakat (kepada konsumen, perusahaan lain dan pemerintah)
c.    Integrasi Saluran Komunikasi
Media massa menjadi sarana utama menstimulasi komunikasi pribadi dan memiliki implikasi:
–    Pengaruhnya terhadap opini publik tidak selangsung, sekuat dan seotomatis yang direncanakan.
–    Komunikator massa harus mengarahkan pesan secara khusus terhadap pemimpin opini dan membiarkan mereka membawa pesan itu kepada orang lain.

Menetapkan Total Anggaran Komunikasi Pemasaran
Terdapat 4 metode umum menentukan anggaran promosi:
a.    Metode terjangkau
b.    Metode persentase penjualan
c.    Metode paritas kompetitif
d.    Metode tujuan dan tugas

Memutuskan Bauran Komunikasi Pemasaran
Perusahaan harus mengalokasikan anggaran komunikasi pemasaran atas 8 model komunikasi:
a.    Iklan
b.    Promosi penjualan
c.    Hubungan masyarakat dan publisitas
d.    Acara dan pengalaman
e.    Pemasaran langsung
f.    Pemasaran interaktif
g.    Pemasaran dari mulut ke mulut
h.    Tenaga Penjualan

Karakteristik Bauran Komunikasi Pemasaran :
a.    Iklan
Dikatakan memiliki beberapa keunggulan, yakni:
    Dapat membangun citra jangka panjang produk
    Memicu penjualan cepat
    Pengulangan à memungkinkan penjual mengulangi pesan berkali-kali
    Penguatan ekspresitivitas
    Impersonalitas
Contoh: Kampanye inventif Ocean Spray mampumenumbuhkan penjualan
semua produk Cranberrysebesar 10%.
b.    Promosi Penjualan
Menawarkan tiga manfaat berbeda:
    Komunikasi, meraih perhatian dan mengarahkan konsumen pada produk
    Insentif, mencakup beberapa konsensi, pendorong atau kontribusi yang memberikan nilai bagi konsumen
    Undangan
c.    Hubungan Masyarakat dan Publisitas
Daya tarik hubungan masyarakat dan publisitas didasarkan pada tiga kualitas berbeda:
    Kredibilitas tinggi
    Kemampuan untuk mencapai pembeli
    Dramatisasi
d.    Acara dan Pengalaman:
Ada banyak keuntungan dari acara dan pengalaman:
    Relevan, karena melibatkan konsumen secara
    Melibatkan konsumen secara aktif
    Implisit, merupakan “penjualan lunak” tidak langsung
e.    Pemasaran Langsung dan Interaktif:
Memiliki tiga karakteristik pesan berbeda:
    Penyesuaian, dapat disiapkan untuk menarik individu yang dibidik
    Terkini, pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat
    Interaktif, pesan dapat diubah tergantung respons seseorang
f.     Pemasaran dari Mulut ke Mulut
Memiliki tiga karakteristik penting:
    Kredibel, karena orang mempercayai orang lain yang mereka kenal dan hormati
    Pribadi, dapat menjadi dialog yang sangat akrab yang mencerminkan fakta, pendapat dan pengalaman pribadi
    Tepat waktu
g.     Penjualan Personal
Memiliki tiga kualitas berbeda:
    Interaksi Pribadi, karena menciptakan episode segera dan interaktif antara dua orang atau lebih
    Pengembangan, memungkinkan semua jenis hubungan berkembang
    Respons, pembeli dapat merasa wajib mendengarkan pembicaraan penjualan

Faktor-faktor dalam Menentukan Bauran Komunikasi Pemasaran :
a.    Jenis Pasar Produk:
    Pemasar konsumen cenderung menghabiskan biaya promosi penjualan dan iklan lebih banyak
    Pemasar bisnis menghabiskan lebih banyak untuk penjualan personal, dengan barang kompleks, mahal dan beresiko dan dalam pasar dengan penjual lebih sedikit
b.    Tahap Kesiapan Pembeli:
    Pembentukan kesadaran à lebih dipengaruhi oleh iklan dan publisitas
    Pemahaman pelanggan à lebih dipengaruhi oleh iklan dan penjualan personal
    Keyakinan pelanggan à lebih dipengaruhi oleh penjualan personal
    Menutup penjualan à lebih dipengaruhi oleh penjualan personal dan promosi penjualan
c.    Tahap Siklus Hidup Produk:
    Dalam tahap pengenalanà lebih efektif melalui iklan, acara dan pengalaman, serta publisitas
    Dalam tahap pertumbuhanà lebih efektif melalui pemasaran dari mulut ke mulut
    Dalam tahap kedewasaanà lebih efektif melalui iklan, acara & pengalaman, serta penjualan personal
    Dalam tahap penurunanà lebih efektif melalui promosi penjualan

Mengelola Proses Komunikasi Pemasaran Terintegrasi :
Komunikasi Pemasaran Terintegrasi (Integrated Marketing Communication/IMC) adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah rencana komprehensif.
a.    Mengkoordinasikan Media
b.    Mengimplementasikan IMC
Manfaatnya antara lain:
    Menghasilkan konsistensi pesan lebih kuat
    Membantu membangun ekuitas merk dan menciptakan dampak penjualan lebih besar
    Memaksa manajemen memikirkan semua cara pelanggan berhubungan dengan perusahaan
Contoh:
IBM mengalihkan semua iklan ke Ogilvy untuk menetapkan merek yang seragam,sehingga menghasilkan komunikasi pemasaran terintegrasi efektif berbiaya rendah

Sumber : Marketing Manajemen, Kotler (2009), http://pemasaranlanjutan.blogspot.com/

 


Leave a Reply